Minggu, 16 Oktober 2011

Seluk-Beluk Teh dan Proses Produksinya


Salah satu kekeliruan yang paling umum seputar fakta minuman teh adalah mitos bahwa jenis teh yang berbeda dihasilkan dari jenis tanaman yang berbeda pula. Nyatanya, semua tipe teh – hitam, putih, hijau dan oolong – diproduksi dari satu jenis tanaman yang sama (Camellia sinensis), dan segala perbedaan yang dimiliki masing-masing varian minuman asal Cina ini merupakan hasil dari proses produksi yang berbeda.

Prosedur produksi teh secara umum terdiri dari fase pemetikan, pengeringan dan penggulungan. Pemetikan daun teh hingga saat ini masih dilakukan dengan cara manual untuk menjamin hanya daun-daun teh yang terbaiklah yang dipilih.

Fase pengeringan adalah tahap dimana kadar embun dalam daun teh dikurangi secara signifikan sehingga daun menjadi lebih kuat dan awet. Proses produksi teh hitam dan teh hijau sama-sama melibatkan dua tahap pengeringan, sebelum dan setelah fase penggulungan. Bedanya, pada kronologi pembuatan teh hitam, daun teh yang telah digulung melewati proses fermentasi terlebih dahulu sebelum dikeringkan untuk kedua kalinya. Proses fermentasi inilah yang membuat warna daun teh menjadi kehitaman, dan proses ini pulalah yang menghasilkan rasa serta Aroma khas teh hitam. Teh hijau yang tidak melewati proses fermentasi mempertahankan warna hijau alami serta rasa lembutnya.

Proses produksi teh oolong identik dengan teh hitam, namun proses fermentasi yang dilakukan lebih singkat. Hal ini mempengaruhi karakter rasa teh oolong yang tidak sekuat teh hitam.

Berbeda dengan ketiga jenis teh tadi, teh putih diproduksi dengan menggunakan pucuk-pucuk daun teh sebagai bahan bakunya. Produksi teh jenis ini juga tidak melibatkan proses penggulungan dan fermentasi. Bahkan bisa dibilang pucuk-pucuk daun teh ini tidak terlalu banyak diolah, sehingga keaslian rasa yang dihasilkan serta kesegarannya lebih terjaga.

Karena bahan Baku yang jumlahnya lebih terbatas, teh putih biasanya hanya diproduksi dalam jumlah sedikit. Namun kini teh jenis ini tidak lagi sulit diperoleh. Seperti halnya jenis-jenis teh lainnya, saat ini teh putih telah hadir dalam bentuk kemasan botol, yaitu Teh Pucuk Harum. Kualitas rasa teh putih dalam kemasan ini pun tetap terjamin karena hanya menggunakan pucuk-pucuk daun teh pilihan pada proses produksinya.