Senin, 14 November 2011

Fosil Tupai dalam Film Ice Age Ditemukan di Argentina


MAIL ONLINE/"PRLM"

Seekor mamalia pra-sejarah aneh yang mirip tupai bertaring tajam dalam film animasi Ice Age telah digali di Amerika Selatan.
Makhluk primitif seukuran tikus ini hidup di zaman dinosaurus 100 juta tahun lalu, kepalanya bermoncong, gigi yang sangat panjang, dan mata yang besar, persis karakter Scrat yang lucu dalam film produksi 20th Century Fox.
Seperti dilaporkan Mail Online, Rabu (2/11), penemuan di Argentina ini menjadi jembatan dalam rentang sekitar 60 juta tahun dalam catatan fosil mamalia di benua ini dan memberikan wawasan dalam periode yang belum diselidiki.
Hewan, yang diidentifikasi setelah bagian tengkorak dan rahang digali, adalah dryolestoid, sebuah kelompok mamalia punah yang mengarah pada beragam hewan termasuk kanguru dan gajah
.
Mereka dikenal terutama dari gigi dan rahang yang ditemukan di AS dan Eropa, meskipun juga berkembang di Amerika Selatan, karena langkanya ditemukan sulit untuk mempelajari asal-usul dan diversifikasi awalnya.
Paleontolog Dr. Guillermo Rougier, dari Universitas Louisville, Kentucky, AS mengatakan spesies, yang bernama Cronopio dentiacutus ini, memiliki kemiripan yang mencolok dengan Scrat dalam film Ice Age.